MEMBUAT ANIMASI KEJAR-KEJARAN DI SCRATCH

LANGLAH-LANGKAH MEMBUAT ANIMASI KEJAR-KEJARAN DI SCRATCH

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan membuat animasi kejar-kejaran di scratch dengan mudah. Langkah-langkahnya yaitu :

1. Buka aplikasi scratch. Disini saya menggunakan Scratch Desktop

    

2. Setelah itu pilih backdrop sesuai yang kalian inginkan. Disini saya menggunakan backdrop "BROADWALK"


3. Kemudian pilih actor sesuai yang kalian inginkan. Pilih actor "choose a sprite". Disini saya memilih beruang sebagai pengejar




4. Untuk sprite yang pertama yaitu beruang, buka tab events kemudia masukan perintah yang akan dijalankan oleh program. Misal : "when *flag* clicked" 



5. Lalu pilih looks, pilih perintah "hide" untuk menyembunyikan beruangnya


6. Lalu pilih tab controls, pilih "wait 1 seconds" untuk menunggu sprite atau actor kedua


7. Pilih looks, pilih "show" untuk memunculkan beruangnya saat di play animasinya, kemudian saya merubah costum beruang dengan pilih "switch costume to bear-a"



8. Selanjutkan pilih looks, lalu pilih "say ..... for 2 seconds". Kemudian pilih controls, pilih "wait 1,5 sconds" untuk menunggu respond sprite / actor kedua. Lalu pilih controls, pilih perintah "repeat" dan masukkan perintah "move 10 steps" di tab motion agar beruang bisa bergerak maju.



9. Lalu masukan sprite/actor kedua. Disini saya memilih manusia. Lalu saya ulangi step sebelumnya (yang beruang) sesuai keinginan


10. Dan scratch dapat di play dan akan menampilkan animasi manusia yang dikejar oleh beruang.




Jika kalian masih bingung dengan penjelasan, dapat lihat di video ini ya!


Sekian penjelasan dari saya tentang langkah-langkah membuat animasi kejar-kejaran di scratch, semoga dapat membantu. Saya juga meminta maaf apabila ada penjelasan yang kurang jelas maupun yang salah kata.
Wassalamualaikum Wr. Wb.





KELOMPOK ALGORITMA 
KELAS : 1MA16
ANGGOTA: 
  • Sarah Maulida
  • Diah Putri Angelika W
  • Chairunada Haifa S
  • Nadhifa Risyusaputri
  • Matahari Hanindiya
  • Nurul Itqiyyah
  • Mercyana
  • Yefta Trifena

Komentar